List List Persiapan Nikah Agar Sukses Dalam Pernikahan

List List Persiapan Nikah Agar Sukses Dalam Pernikahan – Menikah merupakan bukti nyata akan puncak rasa cinta dari sebuah pasangan. Nikah adalah sebuah momen krusial yang diimpikan banyak pasangan yang bisa menjadi kenangan seumur hidup. Pernikahan adalah prosesi yang sakral dimana setiap pasangan mulai terpisah dengan keluarga dan menciptakan sebuah keluarga yang baru, sakral karena pasangan akan mempunyai sandaran baru, pelindung baru, dan kehidupan baru yang akan dijalani berdua dengan pasangannya. Pernikahan bisa menjadi momen terpenting yang ada dalam hidup seseorang karena pernikahan merupakan janji suci untuk hidup berdampingan sampai mati didasari dengan rasa sayang dan kasih.

Contoh List List Persiapan Nikah Pria – Wanita

List List Daftar Pesiapan Nikah Agar Sukses Dalam PernikahanPenting dan krusialnya momen ini menjadikan acara pernikahan haruslah dipersiapkan dengan sangat matang agar memberikan kesan yang sempurna dan menjadi kenangan seumur hidup. Momen ini juga bisa menjadi momen yang hanya terulang sekali dalam seumur hidup. Oleh karena itu persiapan nikah harus mulai difikirkan dari jauh-jauh hari sehingga tidak ada detail kecil sedikitpun yang bisa mengurangi kesempurnaan acara pernikahanmu. Tentunya persiapan ini membutuhkan kerjasama antara kedua belah pasangan yang akan melangsungkan pernikahan sehingga persiapan akan menjadi lebih matang dan mudah untuk dipersiapkan. khusus untuk wanita ada periapan sendiri yaitu Persiapan Wanita Sebelum Menikah Menurut Islam.

Berikut terdapat daftar list dan check list yang bisa membantumu melengkapi persiapan acara pernikahan. Daftar list persiapan nikah ini didasarkan pada keterangan dari Poetrafoto Photography yang telah malang melintang dalam menghandle berbagai persiapan pernikahan dalam panduannya yang berjudul : Wedding Planning Checklist + Timeline. Berikut ini panduan list persiapan nikah yang bisa membantumu untuk mempersiapkan acara pernikahan.

  1. Persiapan 6-12 Bulan Sebelum Hari Pernikahan

  • Tentukan hari dan tanggal pernikahan. Penentuan hari dan tanggal pernikahan pada umumnya dengan mempertemukan kedua keluarga mempelai terlebih dahulu atau dikenal dalam istilah lamaran. Tujuan dari lamaran ini selain menentukan hari dan tanggal pernikahan juga untuk menyatukan presepsi adat dan budaya yang digunakan dalam pernikahan sehingga akan terjalin satu konsep pernikahan yang diinginkan oleh kedua pihak keluarga mempelai.
  • Tentukan konsep pernikahan yang diinginkan. Menentukan konsep pernikahan ini nantinya akan berpengaruh pada anggaran yang digunakan. Carilah informasi seputar konsep pernikahanmu pada orang-orang yang pernah menikah atau pada wedding organizer sehingga kamu tidak akan kecewa saat acara pernikahanmu. Konsep ini meliputi gaya pernikahan, tema pernikahan, dan warna latar pernikahan.
  • Pertimbangkan untuk bekerjasama dengan Wedding Organizer atau WO. Pertimbangan ini perlu kamu lakukan karena menggunakan jasa WO akan jauh lebih memudahkan kamu untuk mengatur dan mendapatkan pernikahan yang diinginkan. Hal ini dikarenakan WO sudah jauh lebih berpengalaman daripada pasangan yang akan melangsungkan acara pernikahan. Jadi WO lebih faham akan detail-detail kecil yang harus menjadi perhatian.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan jasa fotografer untuk mengabadikan momen pernikahanmu. Memilih fotografer juga sangat penting karena momen ini tidaklah lengkap jika tidak diabadikan dengan sempurna. Fotografer bisa juga dari kalangan keluarga sendiri akan tetapi menyewa fotografer yang sudah berpengalaman tentunya akan lebih memuaskan.
  • Hitung jumlah undangan yang kamu ingin hadirkan. Mulai dari teman dan rekan kamu sendiri dan juga dari keluarga besar kamu. hal ini nantinya juga akan berpengaruh pada anggaran yang dikeluarkan untuk acara pernikahanmu.
  • Tempat pernikahan merupakan hal penting selanjutnya untuk didiskusikan. Pada umumnya acara pernikahan akan diadakan dua kali yaitu di rumah mempelai wanita dan juga di rumah mempelai pria. Meskipun tak jarang juga merayakannya hanya di satu tempat. Menentukan tempat juga harus memperhitungkan tamu yang diundang. Semakin banyak undangan maka sebaiknya tempat pernikahan adalah dalam gedung yang sudah punya aula untuk pernikahan. Jika rumah kamu berada jauh di gang sempit maka sebaiknya kamu mencari tanah lapang yang mudah dijangkau untuk acara pernikahanmu.
  • Membuat daftar tamu khusus yang tidak memiliki banyak waktu. Jadi tentukan tamu-tamu yang memiliki waktu terbatas agar bisa datang pada acara pernikahanmu. Tamu-tamu khusus ini bisa jadi adalah bos kerja kamu, sahabat-sahabat kamu, atau bisa juga partner kerja kamu.
  • Menentukan pengiring bagi pengantin pria maupun pengantin wanita. Pemilihan pengiring dari jauh-jauh hari untuk mempersiapkan agar tidak terkesan ceroboh dan terlalu tergesa-gesa. Baju pengiring pengantin juga seringkali dibuat sama dengan tema acara pernikahan.
  • Menentukan desainer baju pengantin. Pernikahan merupakan momen yang sangat besar bagi pengantin. Tentunya perhatian semua orang akan tertuju pada kedua mempelai. Oleh karena itu baju pengantin yang dikenakan haruslah sesuai dengan keinginan. Membuat baju pengantin bukanlah hal yang mudah dilakukan dalam semalam. Sehingga mempersiapkan jauh-jauh hari akan membuat kamu tampil sempurna dengan baju pengantinmu.
  • Pilih jasa catering. Catering pada acara pernikahan bisa kamu serahkan pada kerabat terdekatmu untuk memasak atau juga dengan menggunakan jasa catering. Keuntungan dari menggunakan jasa catering adalah tidak repot untuk memikirkan bahan makanan, harga dan menu pasti, dan bisa memaksimalkan tenaga kerabat untuk membantu acara pernikahan pada bagian yang lainnya.
  • Menentukan souvenir pernikahan. Souvenir digunakan untuk memberikan kenang-kenangan pada undangan agar selalu ingat akan momen pernikahan. Pemilihan souvenir haruslah difikirkan bersama sehingga souvenir yang diberikan nantinya meninggalkan kesan pada undangan yang datang.
  • Menentukan hiburan tambahan. Hiburan tambahan bisa menjadikan pernikahanmu lebih hidup dan berkesan. Bisa dengan mengundang elekton, orkes, band musik, penyanyi solo, atau hiburan yang lainnya. Selain menambah kesan hidup dalam pernikahanmu, adanya hiburan juga bisa menarik antusiasme undangan agar tidak bosan dan lebih bergembira dalam acara pernikahanmu.
  • Menentukan tempat untuk bulan madu. Salah satu hal yang tak bisa dipisahkan dari acara pernikahan adalah bulan madu atau hooneymoon. Menentukan tempat bulan madu agar tidak terjadi gangguan-gangguan ketika bulan madu. Reservasi tempat, tiket ke tujuan, dan juga akomodasi lainnya harus dipersiapkan agar bulan madu lebih bisa dinikamti dan berkesan.
  1. Persiapan 4-5 Bulan Sebelum Hari Pernikahan

  • Mengecek kembali list daftar tamu undangan agar tidak ada yang terlewatkan. Cek kembali nama-nama dari rekan kerja, teman main, saudara dekat dan jauh, dan kenalan-kenalan dalam hidupmu. Karena salah satu cara mengingat dan menghargai mereka adalah dengan menundangnya pada momen paling membahagiakan buat kamu.
  • Mulai menghubungi perangkat yang berhubungan dengan pernikahan baik secara adat ataupun secara resmi yang telah diatur oleh pemerintah. Lengkapilah prosedur pernikahan sesuai dengan yang diatur oleh undang-undang sehingga bisa dipertanggung jawabkan dikemudian hari. Selain itu perangkat yang harus dihubungi adalah perangkat adat yaitu orang yang lebih mengerti agama di wilayah masing-masing agar pernikahan dapat direstui secara agama dan adat istiadat.
  • Menentukan desain undangan pernikahan. Undangan pernikahan pada umumnya disesuaikan dengan konsep pernikahan. Undangan pernikahan haruslah dibuat jauh-jauh hari sehingga bisa disebarkan pada waktu yang tepat dan tidak terlalu dekat dengan acara pernikahanmu.
  • Memastikan tema dan konsep pernikahan. Hal ini penting dilakukan agar konsep dan tema pernikahanmu tidak bertolak belakang dengan keinginanmu. Buatlah konsep dan tema sedemikian rupa agar nantinya bisa membuat pernikahan kamu lebih tertata rapi dan menyenangkan.
  • Pastikan desainer yang kamu pilih untuk membuat baju pengantinmu. Sebagaimana dikatakan diawal bahwa pembuatan baju pernikahan tidaklah secepat yang dibayangkan. Dibutuhkan waktu untuk proses pembuatannya sehingga harus segera di pastikan tema dan model dari baju pengantinnya.
  • Memastikan tempat yang digunakan untuk berlangsungnya acara. Hal ini karena akan mempengaruhi dekorasi dari tema pernikahan. Pemilihan tempat yang cepat dan tepat membuat orang yang kamu tunjuk untuk mendekorasi tempat pernikahanmu akan bekerja lebih maksmal.
  • Apabila kamu memutuskan untuk menggunakan jasa WO, maka sudah saatnya kamu sering-sering berkoordinasi dengan WO tersebut. hal ini agar konsep yang diusung pernikahan akan berjalan saearah dengan keinginanmu.
  • Membuat foto Pre-Wedding, ini adalah salah satu bentuk keromantisan sebelum berlangsungnya pernikahan. Foto pre wedding dilakukan untuk menunjukkan pada semua orang akan kesiapan kedua mempelai dalam mengarungi hidup baru dalam kasih dan sayang. Seringkali foto pre-wedding ditempelkan pada beberapa bagian dalam undangan.
  • Persiapkan keperluan untuk pengantin. Adat dan budaya disetiap daerah berbeda-beda dalam prosesi pengantin sehingga butuh persiapan untuk memenuhi hal tersebut. keperluan-keperluan tersebut biasanya berhubungan erat dengan ritual adat ketika acara pernikahan.
  • Memilih cincin pernikahan. Cincin adalah simbol atau tanda dari terikatnya dua insan pada ikatan cinta. Cincin merupakan salah satu hal yang penting dalam prosesi pernikahan.
  • Pastikan souvenir telah dipesan dan disesuaikan dengan tamu undangan, agar ketika berlangsungnya acara tidak perlu memikirkan jumlah souvenir lagi. Lebihilah jumlah souvenir yang dipesan untuk mengantisipasi kekurangan souvenir.
  1. Pesiapan 2-3 Bulan Sebelum Hari Pernikahan

  • Siapkanlah dokumen-dokumen yang harus dilengkapi dan segera daftarkan diri ke KUA atau instansi yang berkaitan dengan pernikahan. Menyiapkan dokumen-dokumen ini juga memerlukan waktu dan proses karena harus menyertakan surat izin mulai dari unit terkecil seperti surat ketrangan dari RT dan RW. Belum lagi surat keterangan dari desa setempat sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dalam melengkapi berkas-berkas yang diajukan.
  • Lakukan cek kesehatan. Cek kesehatan sangatlah penting agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika hari besar telah tiba. Membeli beberapa vitamin dan menjaga pola makan hidup sehat akan membantumu lebih siap dalam mengahadapi acara pernikahan.
  • Pastikan tempat tujuan untuk bulan madu apalagi jika bulan madu pernikahan sampai ke luar negeri. Segala akomodasi penunjang haruslah sudah fix dan hanya tinggal menunggu waktu. Persiapan ini akan sangat membantu untuk memberikan kesan lebih pada saat bulan madu.
  • Mulailah untuk fitting baju pengantin, fitting baju digunakan untuk menampilkan baju pengantin yang sempurna yang nyaman dipakai ketika berlangsungnya acara pernikahan. Fitting baju juga akan memperngaruhi penampilan kamu ketika acara pernikahan untuk terlihat lebih pas dan sempurna.
  • Pastikan tanggal dan desain undanganmu bisa diambil pada toko undangan.
  1. Persiapan 6-8 Minggu Sebelum Hari Nikah

  • Mengambil undangan yang telah jadi. Tulis dan mulai atur bagaimana cara undangan tersebut bisa sampai ke tujuan. Bila perlu buatlah peta wilayah penyebaran undangan dan tunjuk orang yang bertanggung jawab di wilayah tersebut.
  • Selesaikan masalah administrasi catering sehingga dari jauh-jauh hari sudah ada rasa saling percaya dan saling menguntungkan dari pihak catering.
  • Menambahkan beberapa hal yang mendukung perlengkapan pernikahan semisal makanan pembuka dan makanan penutup.
  • Matangkan kembali konsep yang telah kamu bicarakan dan diskusikan dengan WO. Kamu juga bisa memesan perias pengantin dengan saran dan rekomendasi dari WO. Setelah itu lakukan tes make up agar ketika acara tidak terjadi misskonsep dengan yang kamu inginkan.
  • Menyelesaikan masalah hiburan tambahan yang telah kamu tunjuk untuk memeriahkan pesta pernikahanmu. Usahakan hiburan yang kamu pilih nantinya sesuai dengan tema yang kamu usung dalam konsep pernikahanmu.
  • Pergi ke puskesmas atau klinik terdekat untuk suntik TT, atau suntik antitetanus dan infeksi. Hal ini perlu dilakukan karena ketika malam pertama akan terjadi luka robek yang bisa saja menimbukan infeksi dan tetanus sehingga diperlukan obat yang bisa mencegah terjadinya hal tersebut. oleh karena itu ajaklah pasangan kamu untuk pergi dan cek ke puskesmas atau klinik terdekat.
  1. Persiapan 4-5 Minggu Sebelum Hari Nikah

  • Mulailah untuk menyebarkan undangan. Menyebarkan undangan dengan jarak yang cukup jauh bisa membuat undangan yang hadir bisa menyempatkan dan memasukkan acara kamu pada agendanya. Jangan terlalu jauh pula karena dikhawatirkan justru acara kamu akan mudah dilupakan karena jarak watunya masih lama.
  • Ambil cincin kawin yang telah kamu pesan dan pastikan sudah sesuai dengan yang kamu inginkan karena cincin ini nantinya akan hinggap di jari dalam jangka waktu yang lama.
  • Matangkan kembali acara pernikahanmu mulai dari konsep, tema, warna latar, dan acara setelah menikah seperti bulan madu. Kalau perlu diskusikan dengan berbagai pihak terkait dengan acara kamu sehingga semua sudah siap dan detail kecil telah diperhatikan.
  • Mulai kembali menjalin hubungan antara keluarga pengantin pria dan pengantin wanita sehingga tidak ada miskomunikasi ketika acara berlangsung dan sesuai dengan kesepakatan antara dua pihak keluarga.
  1. Persiapan 2-3 Minggu Sebelum Hari Nikah

  • Diskusi kembali dengan WO perihal susunan acara atau jika tidak menggunakan WO maka susunlah sebuah agenda susunan acara dengan keluarga atau kerabat. Jika sudah membuatnya mulai susunlah orang-orang yang bertanggung jawab pada setiap sesi tersebut. Acara yang disusun tentunya harus sesuai dengan adat yang telah disepakati oleh kedua belah keluarga pengantin. Sehingga saat bertemu dan berlangsung acara pernikahan sudah teratur dengan rapi dan lancar.
  • Cek undangan yang belum terkirim dan mulai berfikir bagaimana cara menyampaikannya. Bisa melalui media sosial atau lewat jasa pengantar dokumen sehingga orang yang diundang tidak merasa dilupakan atau diacuhkan.
  • Lakukan cek list kebutuhan yang belum diselesaikan dan segera penuhi jika masih ada yang terlewatkan. Tanyakan kepada berbagai orang yang terkait dan berhubungan dengan acara pernikahanmu. Tanyakan kembali tiap orang yang telah kamu tunjuk untuk bertanggung jawab pada tiap bagiannya.
  • Mencoba melakukan simulasi baju pengantin dengan riasan agar diketahui bagian detail mana yang kurang dan perlu dibenahi agar sesuai dengan keinginan dan tidak mengecewakan saat dikenakan. Hal ini juga bisa menyingkat waktu ketika acara pernikahan, karena tidak memerlukan waktu yang banyak untuk menentukan model riasannya lagi.
  • Dan yang paling penting adalah lakukan perawatan tubuh mulai dari wajah hingga ujung kaki. Manjakan dirimu sebelum acara pernikahan agar terlihat lebih cerah dan bersinar ketika acara pernikahan berlangsung. Perawatan ini juga bisa menjadi alasan utnuk lebih menyenangkan pengantin pria.
  1. Persiapan 1 Minggu Sebelum Hari Nikah

  • Persiapkan mentalmu dan jernihkan fikiranmu agar lebih siap dalam menghadapi acara terbesar dalam hidupmu. Lakukan rileksasi dan refreshing agar fikiran tidak terlalu penat dan stres.
  • Persiapkan segala hal yang akan mendukung lancarnya acara pernikahanmu dan mulai berkemas untuk pergi bulan madu dengan pengantin pria.
  • Cek kembali list acara secara detail hingga tidak ada detail-detail kecil lagi yang terlewatkan.

Tips Kelancaran Dalam Persiapan Menikah

10 tips yang bisa membantu kalian untuk persiapan nikah, yaitu :

1.Berdiskusi Dengan Pihak Keluarga Mengenai Rencana Pernikahan
Langkah pertama dalam mempersiapkan pernikahan tentunya dengan berdiskusi dengan pihak keluarga. Baik dari keluarga laki-laki maupun pihak perempuan dan janganlah malu malu dalam mengutarakan maksud dan keinginan ataupun kekurangan yang perlu di bicarakan bisa saja mengenai makanan, tenda, dan lain sebagainya yang perlu di siapkan dalam nikah. biasanya dari sekian banyak kebutuhan yang menjadi diskusi utama iyalah biaya dan budget pernikahan maka perlu di jelaskan sampai jelas agar tidak ada permasalahan ketika acara pernikahan berlangsung.

2.Membuat Daftar Anggaran Untuk Pernikahan
Cobalah menyusun daftar-daftar anggaran yang di butuhkan untuk pernikahan tersebut, yang bisa di jadikan referensi dari sini ialah anggaran mengenai kebutuhan pokok lebih dulu, maka barulah anggaran yang lain yang diperlukan agar pernikahan menjadi lebih berkesan baik.

3.Menentukan Tempat dan Lokasi Menikah
untuk lokasi pernikahan sendiri terdapat 2 pilihan yaitu outdoor dan indoor, yang biasanya dilakukan dengan cara menyewa tempat khusus seperti gedung, hotel dan semacamnya, akan tetapi bisa juga untuk menghemat biaya di lakukan di rumah saja agar pernikan lebih berkesan dan terkenang.

4.Menentukan Jumlah Tamu (Undangan)
Tips berikutnya dalam persiapan pernikahan adalah menentukan jumlah tamu dan undangan yang akan di buat, agar tidak ada kenalan yang terlupakan di saat kalian menikah dan menyebarkan undangan.

5.Tentukan Jangka Waktu Acara Pernikahan
Jangka waktu prosesi pernikahan juga sangat perlu di tentukan, yang mana kala biasanya di lakukan selama 1 hari lamanya dan meskipun ada sebagian orang yang melakukan proses acara pernikahan lebih dari satu hari. bahkan dalam lingkungan keluarga kerajaan di inggris misalnya, prosesi acara pernikahan bisa dilakukan selama 1 minggu lamanya. namun bagi kita orang indonesia lumrahnya yaitu 1 hari, yaitu akad dan resepsi yang biasanya juga di sertai dengan hiburan.

6.Mempersiapkan Baju Pengantin
Baju Pengantin juga salah satu kebutuhan yang utama dalam sebuah pernikahan, bahkan bagi sebagian orang sangat menganggap penting sekali untuk mempersiapkan baju pernikahan di awal jauh jauh hari dengan desain yang sesuai dengan keinginan sang pengantin.

7.Gunaka Wedding Organizer (WO) Jika diperlukan
Memakai jasa wedding organizer yang sdah tersedia di setiap kota juga bisa bisa menjadi pilihan dalam mempersiapkan pernikahan. jika anda memerlukan jasa ini maka pilihlah paket yang ekonomis dan sesuai dengan budged yang di miliki. sebagaimana kita mengetahui bahwa kebanyakan WO menyediakan berbagai opsi paket pernikahan, dimana ada paket All In One yang sudah menyediakan semuanya, molai makanan, tenda, dekorasi, fotografer dan lain sebagainya.

8.Meminta Bantuan Teman Dekat Untuk Berpartisipasi
Cara cerdas dalam persiapan pernikahan yang bisa kita lakukan ialah dengan meminta bantuan teman teman dekat untuk berpartisipasi misalnya menyiapkan dekorasi dan desain undangan karena konsep anak muda biasanya mempunyai desian yang kreatif. Atau bisa juga menyewa dan mengundang teman teman yang memiliki keahlian keahlian seperti fotografer dan bermain musik untuk menghibur di saat acara resepsi, dan lain sebagainya.

9.Membuat Desain Undangan Yang Unik dan Menarik
Tips persiapan nikah berikut yang dapat membuat pernikahan berkesan ialah membuat desai untuk undangan yang unik dan sangat menarik yang bisa jadi menghadirkan kesan tersendiri bagi para tamu undangan dalam acara pernikahan.

10.Menyediakan Souvenir Untuk Para Tamu Undangan
Tips Persiapan Nikah Yang Terakhir yaitu menyediakan souvenir khusus yang menarik dan unik bagi para tamu undangan anda, cobalah tuangkan ide-ide yang memang bisa di wujudkan menjadi souvenir yang berbeda dari biasanya sehingga dapat memberikan kesan yang menarik bagi para tamu undangan yang menghadiri acara pernikahan tersebut.

Demikianlah Daftar Check List Persiapan Nikah yang setidaknya harus di persiapkan sebelum hari pernikahan berlangsung. Akan tetapi yang menjadi catatan di sini adalah daftar check list di atas bukanlah checklist yang mutlak, sebab daftar list juga bisa di rubah sesuai kebutuhan masing-masing dalam mempersiapkan pernikahan. Jangan Lupa Simpan (Bookmark) Halaman ini untuk di jadikan referensi list persiapan nikah nantinya..

Baca Artikel Lainnya :
Ciri Cewek Yang Baik Dinikahi
Bentuk Bentuk Vagina Perawan
Cara Hubungan Seks Tahan Lama
Apakah Wanita Suka Penis Besar
Keuntungan Pria Mempunyai Penis Besar
Cara Membesarkan Penis Dengan Cepat
Cara Membesarkan Alat Vital
Cara Memuaskan Istri di Ranjang
Posisi Sex Yang di Sukai Wanita
Obat Pembesar Penis Herbal
Cream Developpe Sex
Vimax Asli
Hammer Of Thor
Klg Asli
Pro Extender
Permen Perangsang Wanita
Opium Spray
Sex Drops
Liquid Sex
Obat Kuat Foredi
Africa Black Ant
Procomil Spray
Alat Bantu Sex

Itulah Artikel Mengenai Daftar List List Persiapan Nikah Agar Sukses Dalam Pernikahan Yang Telah Kami Ulas di Website http://market-obat.com, Semoga Artikel di atas Membantu Kalian Untuk Menjadikan Gambaran List Referensi Persiapan Nikah Yang Akan Kalian Laksanakan Pada Waktunya Tiba Nanti.

Terimakaish Telah Berkunjung…

Share List List Daftar Persiapan Nikah Agar Sukses Dalam Pernikahan

3 thoughts on “List List Persiapan Nikah Agar Sukses Dalam Pernikahan

  1. Pingback: Kebutuhan & Keperluan Sebelum Melakukan Pernikahan | Market Obat

  2. Pingback: Persiapan Wanita Sebelum Menikah Menurut Agama Islam | Market Obat

  3. Pingback: Manfaat Nikah Muda Menurut Pandangan Islam | Market Obat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *